7 Fakta yang Perlu Kamu Ketahui tentang “Idol Producer”

Jika kalian adalah penggemar atau penonton acara hiburan dan reality show Tiongkok, kemungkinan besar kalian pernah mendengar tentang “Idol Producer”. Acara reality kompetisi ini menampilkan peserta pelatihan (trainee) dan artis yang bersaing untuk menjadi member final sebuah grup pria dan berkesempatan untuk melakukan debut.

“Idol Producer” ditayangkan di iQiyi pada tanggal 19 Januari 2018, dan menarik perhatian lebih dari 100 juta penonton dalam waktu satu jam penayangan. Acara survival ini terdiri dari 12 episode, dan akan berakhir tanggal 6 April 2018.

 

Berikut 7 fakta yang perlu kalian ketahui tentang “Idol Producer”:

1. “Idol Producer” diproduksi oleh platform video online terbesar di Tiongkok, iQiyi. Sebanyak 100 trainee dikumpulkan dari berbagai perusahaan dan agensi, dari dalam dan luar Tiongkok, termasuk juga peserta pelatihan individu yang belum memiliki agensi.
Trainee akan menjalani sesi pelatihan tertutup, yang direkam, dalam waktu 4 bulan. Dipilih melalui sistem voting penonton, hanya 9 dari 100 trainee yang memiliki kesempatan untuk debut. Pemilihan dengan voting ini hampir sama dengan reality show Korea, “Produce 101” dan “Mix Nine”.

 

Juri “Idol Producer” Season 1

2. Mayoritas juri “Idol Producer” adalah idola K-pop yang sudah kalian ketahui. Dipimpin oleh Zhang Yixing (Lay EXO), sederet juri lainnya adalah Jackson GOT7 (instruktur rap), Li Ronghao (instruktur vokal), MC Jin, Cheng Xiao Cosmic Girls (instruktur tarian), dan Zhou Jieqiong/Kyulkyung Pristin.

 

3. Pada dasarnya sama dengan “Produce 101”. Jika pernah menonton reality TV “Produce 101”, kurang lebih kalian akan mengerti bagaimana kerja acara ini. Sistem voting nya mirip, dimana penonton dapat memilih trainee favorit mereka, yang kemudian diberi peringkat dari keseluruhan trainee. Di akhir acara, 9 trainee teratas akan membentuk sebuah grup unit.

 

4. Ada juga peserta pelatihan independen. Disaat mayoritas trainee telah memiliki agensi, termasuk Yuehua Entertainment dan Banana Entertainment, beberapa bergabung di acara ini sebagai perseorangan. Salah satunya, Cai Xukun, yang pernah tampil di acara survival kerjasama Tiongkok-Korea, “Super Idol”.

 

5. Pernah dengar nama Fan Cheng Cheng? Adik kandung Fan Bingbing ini juga bergabung dalam “Idol Producer”. Ya, kalian tidak salah baca. Cheng Cheng termasuk bagian dari Yuehua Entertainment. Ketika gagal tampil saat audisi, dia menangis dan berkata dalam wawancara bahwa dia ingin membuktikan kemampuan dirinya. Dia tidak ingin mendengar komentar bahwa dia bergantung pada popularitas kakaknya.

 

6. Penentuan peringkat yang tak bisa diduga. Sudah jelas bahwa peringkat para trainee “Idol Producer” bergantung dengan besar dampak penampilan mereka pada penonton dan juri pemimpin. Ambil contoh, seorang trainee bernama Li Quanzhe. Setelah voting 2 episode, dia masuk dalam 30 besar. Lalu turun ke peringkat 74 di episode keempat. Di episode enam, dia duduk di posisi ke-9.

 

7. Salah satu trainee berasal dari Thailand. Di samping You Zhangjing (Malaysia) dan Jin Yihan (Portugal), trainee asuhan Hua Ying Yi Xing, Huang Shuhao berasal dari Thailand. Dia mampu berbahasa Mandarin dengan baik. Nama aslinya adalah Mark.

[see_also number=3]

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *