Anda yang lahir di era 90-an, pasti sering mendengar lagu-lagu Mandarin atau pun film dan serial artis-artis di bawah ini. Untuk mengenang masa-masa indah itu, kali ini kami akan membahas beberapa artis idola era 90-an yang masih mempesona hingga saat ini.

 

Andy Lau

Semua orang pasti tau Andy Lau. Dia mungkin salah satu aktor Hongkong yang karirnya bersinar sampai seluruh dunia. Peran sebagai Yoko di serial The Return of the Condor Heroes menjadi debut yang mengangkat namanya. Nama Andy kemudian menjadi sangat tenar ke seluruh dunia tidak hanya sebagai aktor, tetapi juga sebagai penyanyi. Saking terkenalnya di Indonesia dan Malaysia, ia pernah merilis sebuah lagu yang berbahasa melayu berjudul “Adakalanya Menghiris”. Andy juga pernah masuk Guiness Book of the Record sebagai penyanyi Cantopop paling laris. Aktor yang juga merangkap sebagai produser film ini masih sangat aktif dalam dunia peran dan musik. Ia pun masih terlihat gagah di usianya yang sudah menginjak 55 tahun.

 

Aaron Kwok

Pria bernama asli Kwok Fu-Shing (lahir 26 Oktober 1965) adalah seorang penyanyi, penari serta aktor asal Hong Kong. Ia telah aktif di dunia hiburan sejak tahun 1980 hingga saat ini, dan dianggap sebagai salah satu dari “Empat Raja Surgawi” dari Hong Kong bersama Andy Lau, Jacky Cheung, dan Leon Lai. Aktor bersuara merdu ini sangat terinspirasi oleh Michael Jackson. Sebagian besar lagu-lagunya memang bergenre pop-dance, ia juga telah merilis musik dalam genre lain seperti ballad, rock, R&B, electronica dan musik tradisional. Di tahun 2014, Aaron meraih 130 juta dollar Hongkong dari karirnya yang cemerlang. Ia juga meraih banyak penghargaan sebagai penyanyi dan aktor terbaik.

 

Jimmy Lin

Pria tampan berwajah baby face ini tidak cuma bisa akting dan menyanyi, ia juga seorang pembalap profesional. Jimmy memulai karirnya saat seorang pencari bakat melihat penampilannya di sebuah kampus tempatnya kuliah. Setelah  tanda tangan kontrak, ia merekam single berjudul Not Every Love Song Has Fond Memories. Lagu ini meledak dan membuatnya menjadi penyanyi muda terlaris. Pada puncak popularitasnya di tahun ‘94, Jimmy memutuskan untuk menjalani wajib militer meskipun tahu hal ini dapat berpengaruh dalam karirnya. Tetapi ia tidak perduli akan hal itu dan tetap menjalaninya. Dugaannya benar, begitu keluar, namanya mulai tenggelam oleh pendatang baru. Namanya kembali melambung berkat film-film seperti Shaolin Popeye dan School Days. Ia kemudian terjun ke dunia balap mengikuti cita-citanya sejak dulu untuk menjadi pembalap mobil. Walaupun beberapa kali mengalami kecelakaan fatal, hal ini tidak menyurutkannya untuk terus menggeluti dunia yang berbahaya ini. Saat ini Jimmy adalah 10 besar dari pembalap papan atas di Tiongkok.

 

Gong Li

Aktris cantik yang dianggap sukses membawa perfilman Tiongkok ini dikenal di Eropa dan Amerika. Film-film yang dibuatnya bersama sutradara Zhang Yimou seperti Red Shorgoum dan Raise The Red Lantern mendapat pujian film yang sangat berkualitas. Ia sendiri menjalin hubungan percintaan dengan Zhang Yimou sebelum akhirnya kandas di tahun 1995. Artis yang lahir di tanggal 31 Desember 1965 merambah perfilman internasional dengan bermain di film Memoirs of Geisha.

 

Michelle Yeoh

Nama lengkap dari Michelle Yeoh adalah Tan Sri Michelle Yeoh Choo-Kheng. Ia lahir di Perak, Malaysia pada tanggal 6 Agustus 1962. Saat remaja, Michelle mengambil sekolah balet di London. Di usia 20 tahun ia memenangkan kontes kecantikan Miss Malaysia. Karena membintangi iklan bersama Jacky Chan, para produser film di Hongkong menawarinya untuk bermain film di sana. Sejak itu karir perfilman Michelle mulai menanjak. Ia bermain bersama banyak bintang Hongkong seperti Jacky Chan dan Jet Li. Namanya mulai dikenal dunia Internasional setelah ia berperan sebagai Wai Lin dalam film James Bond Tomorrow Never Dies.

 

Leon Lai

Anda tahu penyanyi dan aktor tampan ini punya darah Indonesia? Ayahnya, Lai Xinsheng adalah orang Indonesia keturunan Tiongkok. Mereka sekeluarga pindah ke Hongkong saat Leon masih kecil. Saat remaja, Leon bekerja sebagai salesman di sebuah perusahaan telepon mobil. Saat iseng-iseng ikut sebuah lomba nyanyi, Leon meraih posisi runner-up. Ia kemudian di kontrak oleh label rekaman Capital Artist. Sayangnya di label ini, Leon tidak merekam album sama sekali. Akhirnya oleh guru vokalnya, Leon dipindahkan ke label Polygram. Di label inilah namanya kemudian menjadi tenar. Album-albumnya laris manis, karena selain tampan, suara Leon juga sangat merdu. Tawaran untuk berakting pun berdatangan. Leon memilih untuk bermain di serial-serial TV. Hingga akhirnya datang tawaran dari Jacky Chan untuk bermain di film City Hunter. Tawaran yang paling besar adalah bermain di film Hidden Dragon, Crouching Tiger sebagai Li Mu Bai. Tetapi ia menolak tawaran itu karena tidak ingin tampil gundul. Sampai sekarang Leon Lai masih bermain film, mengeluarkan album, dan menggelar konser.

 

Jacky Cheung

Di tahun 90-an nama Jacky Cheung meroket di Indonesia setelah lagu duetnya dengan penyanyi Filiphina, Regina Velasquez bertitel In Love With You meledak di tanah air. Di Hong Kong sendiri, Jacky sudah terkenal lebih dulu sebagai penyanyi dan aktor berbakat. Ia memulai karirnya sebagai petugas reservasi tiket di sebuah maskapai penerbangan. Nasibnya berubah setelah menjuarai sebuah kontes menyanyi. Ia pun mendapat kontrak rekaman untuk beberapa album dari Polygram. Album-albumnya laris manis bak kacang goreng. Saking larisnya sampai-sampai ia memecahkan banyak rekor penjualan. Dari catatan yang ada, Jacky telah berhasil menjual 25 juta kopi albumnya. Ia bahkan menjadi orang Asia pertama dan 10 besar artis Polygram yang penjualannya paling hebat di seluruh dunia. Sampai sekarang ia masih berkarir seperti rekan-rekannya yang lain, namun namanya tidak setenar di tahun 90-an.

 

Sharla Cheung

Aktris yang lahir pada tanggal 7 Februari 1967 ini sering kita lihat tampil di film bersama Stephen Chow, misalnya God of Gamblers II, Fist of Fury 1991, Fight Back to School, Royal Tramp, dan King of Beggars. Selain itu, Sharla juga sering main film bersama Andy Lau, salah satunya God of Gamblers I & II. Di akhir tahun 90-an, Sharla mulai meninggalkan dunia akting dan terjun sebagai produser film. Beberapa film buatannya gagal, ia kemudian kembali ke dunia akting, namun hanya dalam serial TV. Sekarang karirnya meredup tapi Sharla masih terlihat cantik dan awet muda.

 

Rosamund Kwan

Nama asli Rosamund adalah Guan Zhi Lin. Ia lahir tanggal 24 September 1962 di Hongkong. Paras cantik dan mata yang lebar didapatkan didapatkan dari ayahnya yang merupakan keturunan salah satu etnis di Tiongkok, suku Manchu. Sejak kecil Rosamund adalah anak yang pendiam dan pemalu. Ia mendapat tawaran akting pertama kali untuk bermain di serial TV berjudul Agent 24. Karirnya bersinar saat ia berperan sebagai bibi ke-13 di film Once Upon A Time in China (Kungfu Master) bersama Jet Li yang menghasilkan 5 sequel. Saat ini Rosamund sudah berhenti dari dunia akting sejak film terakhirnya di 2004. Ia menikah secara rahasia dengan seorang milyuner tua asal Taiwan bernama Chen Tai Ming.

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply