Hari Nasional di negara Tiongkok tinggal hitungan hari lagi. Dimulai tanggal 1 Oktober, karena festival tengah musim gugur, liburan akan diperpanjang hingga 8 Oktober. Persaingan untuk posisi Film Blockbuster akan segera dimulai.

Angka terakhir dari situs penjualan tiket online, seperti Maoyan dan Taopiaopiao, memperlihatkan 11 film akan tayang di sekitar atau selama minggu pertama bulan Oktober itu.

Memperkirakan siapa yang menang biasanya menjadi topik hangat, namun tahun ini berbeda. Film-film yang dirasa akan hits, namun tidak dirilis di minggu liburan Nasional, juga menarik perhatian dan bahasan para pengguna Internet.

Beberapa diantaraya adalah film crime thriller “The Liquidator”, film komedi “Girls 2” dan film drama fantasi, “The Golden Monk”.

The Golden Monk

“The Golden Monk”, yang diarahkan oleh sineas Hong Kong Wong Jing, sengaja tidak dirilis di hari libur. Karena film Wong Jing yang lain, “Chasing the Dragon” – yang diperankan oleh Donnie Yen dan Andy Lau – akan tayang di bioskop Tiongkok pada tanggal 30 September. Lagipula film “Chasing the Dragon” menghabiskan bujet yang lebih besar daripada “The Golden Monk”.


(Sumber : YouTube, New Trailer Buzz)

Menurut pengamat industri, hanya enam film atau sekitar setengah dari total rilisan film baru, yang akan bersaing menujuk puncak box office. Sisanya seperti film animasi “The Legend of the Giant Panda” dan “The Portrait of My Mother” dibuat dengan bujet kecil dan aktor yang kurang populer.

Poster Film “The Foreigner”

Film tentang konflik antara legenda Kung Fu, Jackie Chan dan mantan aktor James Bond, Pierce Brosnan, “The Foreigner” diantisipasi menjadi pemenang.

Film yang dibintangi bintang Hollywood, Orlando Bloom, “S.M.A.R.T. Chase” juga menjanjikan visual yang memanjakan mata penonton. Film yang dirilis tanggal 30 September ini merupakan film Tiongkok pertama Bloom – ia memaksa tidak memakai stuntman dan ikut melakukan promosi di lusinan kota di Tiongkok.

Tidak salah jika satu dari kedua film ini diduga menjadi pemenang. Namun jangan salah, menurut angka penjualan tiket pre-sale di situs Maoyan, dua film tersebut akan dikalahkan oleh film-film dalam negeri.

Berdasarkan data minggu keempat bulan September, film fantasi komedi “Never Say Die” mengalahkan “The Foreigner” di chart penjualan pre-sale. “Never Say Die”, yang dibintangi komedian Ma Li dan Ai Lun, memperoleh angka 48,8 persen diikuti dengan “The Foreigner” di angka 32,1 persen.


(Sumber : YouTube, IGN)

City of Rock

“City of Rock”, film komedi tentang sebuah band yang dibintangi komedian Dong Chengpeng, dan film debut Li Chen sebagai sutradara “Sky Hunter” – yang mana dibuka hari ini (29/9), kinerja keduanya cukup baik. Masing-masing mendapat angka 48 persen dan 45,3 persen. Angka ini tentu menarik minat investor.

Sementara itu, Yu Dong, CEO Bona Film Group percaya pasar film Tiongkok yang besar. Tidak menutup kemungkinan ada lebih dari 1 pemenang. Deputi manajer umum dari Poly Culture Group Corporation, Liu Debin mengatakan, “Rata-rata orang akan melihat dua film per hari selama liburan seminggu.”


(Sumber : YouTube, 电影公社 China Movie)

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply