Excelsior! Penulis utama dan editor komik Marvel, Stan Lee, meninggal di Los Angeles pada Senin lalu, 12 November. Dia berusia 95 tahun.

Pria yang tak pernah lelah berkarya ini dikenang berkat warisan luar biasanya—komik Marvel—rumah bagi ratusan superhero populer termasuk Spider-Man, X-Me, Iron Man, Captain America, Thor dan Fantastic Four. Selain di balik layar, Stan juga sering muncul sebagai cameo dalam berbagai film dan televisi.

Mei 2017 lalu, Stan berkunjung ke Tiongkok dan mengatakan kepada wartawan, keinginannya untuk menembus pasar China. Waktu itu, dia tengah membuat proyek film yang akan bertempat di Tiongkok, dengan superhero pria dan wanita. Di usianya yang lanjut, Stan tidak pernah berpikir untuk berhenti. Serakah dalam karier, dia ingin membuat dan membuat karya baru selama dia bisa.

Menurut Stan Lee, Excelsior berasal dari bahasa latin yang memiliki makna mendalam, yaitu “lebih tinggi”.

Puluhan bintang dan selebriti Tiongkok turut menyumbangkan ucapan belasungkawa, diantaranya Li Bingbing, Jackie Chan dan G.E.M. Tang.

Li Bingbing, yang didapuk dalam film Marvel “Realm”, berkata, “Terima kasih bapak Stan telah menghadirkan banyak superhero. Dunia buatan Stan bukan hanya dunia hiburan, tapi juga dunia bagi kita untuk dapat mengenal arti sebenarnya menjadi seorang pahlawan. Dengan kekuatan besar, datang juga tanggung jawab yang besar.”

Stan Lee, Li Bingbing

“Stan Lee, seorang legenda telah meninggalkan kita,” ucap Jackie Chan. “Beberapa tahun lalu, kami bertemu di Amerika. Saya mendatangi Stan layaknya seorang fans. Pada saat itu, dia memiliki keinginan untuk membuat film superhero China denganku. Bertahun-tahun kemudian, kami ingin mewujudkan keinginan itu. Selamat tinggal, superhero. Terima kasih telah meninggalkan mimpi heroik dalam dunia, saya yakin warisan ini akan terus hidup. Tak akan pernah dilupakan.”

Stan Lee dan G.E.M Tang

Ciptaan terakhir Stan sebelum wafat adalah Jewel, superhero yang dibuat berdasarkan penampilan fisik G.E.M. Tang. Di media sosial, wanita 27 tahun ini membagikan foto bersama Stan. “Terkejut, sedih… (Stan) salah satu pria termanis dan sederhana yang pernah saya kenal. Saya bangga bertemu, dan berbagi hal dan pemikiran kreatif denganmu. Anda telah menjadi inspirasi besar untuk dunia—memberi harapan dan semangat dalam hidup setiap orang. Teirma kasih telah menguatkan begitu banyak orang, membuat mereka percaya diri. Terima kasih! Kami akan merindukanmu!”

Baca juga : G.E.M Tang Inspirasi Stan Lee buat Karakter Komik Marvel Baru

Loading...

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply