Dalam salah satu penampilannya yang paling diakui, “A Bittersweet Life”, Lee Byung Hun memainkan member sebuah geng yang ditugaskan untuk memata-matai istri bosnya. Pada awalnya, Kim Sun Woo (karakter Byung Hun) yang kejam dan perfeksionis mengeksekusi perintah bos tanpa berpikir dua kali. Sejak keinginan untuk menggapai mimpi dan menikmati hidup muncul, ia mulai bertindak sesuai akal sehatnya.

Baru-baru ini, saat memerankan peran barunya dalam drama psikologi “A Single Rider”, aktor yang juga model itu teringat dengan perannya sebagai Sun Woo. “(Dengan kondisi) cara Anda mengikuti perkembangan emosi karakter, keduanya tampak tumpang tindih,” ujarnya dalam sebuah wawancara.

Lee Byung Hun & Gong Hyo Jin (Foto : M Magazine)

“A Single Rider”, yang tayang perdana tanggal 22 Februari kemarin, merupakan proyek debut sutradara Lee Joo Young. Kali ini, Byung Hun memainkan Jae Hoon, seorang fund manager sukses yang kehilangan segalanya setelah berinvestasi di obligasi yang beresiko.

Jatuh dalam depresi, ia pegi ke Australia, tempat dimana istri (diperankan oleh Gong Hyo Jin) dan anaknya tinggal. Dari jauh, Jae Hoon melihat tanpa daya ketika belahan hatinya itu melakukan affair dengan tetangga sebelah rumahnya.

Plot sinopsis ini menarik perhatian dirinya, “Salah satu dari lima naskah (skrip) film terbaik yang pernah saya baca pribadi. Kisah yang harus saya ceritakan. Seperti sebuah novel yang bagus untuk dibaca.”

Jarang bicara, karakter Jae Hoon menghabiskan kuota on-screen nya meratapi konsekuensi kehidupannya, dan sedikit berinteraksi dengan backpacker muda yang sedang berlibur di Australia, diperankan oleh Ahn So Hee (Train to Busan). Hampir 90% emosi dan pikiran Jae Hoon disampaikan dengan ekspresi wajah – bukan dialog – yang dianggap Byung Hun ‘menarik’.


(Credit : CrashTFH)

Semenjak terjun di dunia akting tahun 1991, Byung Hun memiliki karir yang terus menaik. Sebelum menjelajahi Hollywood sebagai Storm Shadow di “G.I. Joe: The Rise of Cobra” (2009) dan pelempar pisau dalam “The Magnificent Seven” (2016), pria 46 tahun ini telah menerima kritik positif atas kemampuannya membawakan berbagai macam peran.

Byung Hun mulai tenar sejak membintangi melodrama tahun 2001, “Bungee Jumping of Their Own”, sebagai seorang pelajar sastra yang pemalu. Peran-peran yang lebih berkharisma menyusul kemudian: Ia mendapat peran antagonis dalam film sutradara Kim Jee Won, “The Good, The Bad, The Weird” (2008), dan seorang duda yang istrinya dibunuh oleh psikopat gila di “I Saw the Devil” (2010).

Presiden Jin (Master)

Beberapa tahun belakangan ini, Byung Hun memerankan karakter gangster politik dalam “Inside Men” dan pejabat yang tak kenal belas kasihan dalam “Master”. Adalah kecerdikan, kelicikan dan lapisan emosi yang membuatnya tertarik memerankan karakter-karakter ini.

“Ada adegan dimana Jae Hoon duduk di depan komputer, menghitung jumlah aset dan utang, sambil minum,” ucapnya. “Mungkin ia sempat berpikir untuk bunuh diri. Namun sadar dirinya ‘tidak normal’, mabuk dan depresi. Saya percaya itu bukan lah keinginan dirinya, namun tindakan yang impulsif.”

26 tahun mengasah kemampuan aktingnya, cameo dalam film Korea “The Age of Shadows” ini masih merasakan kenyamanan atau perasaan gembira yang berlebihan. “Ada adegan yang saya mainkan sesuai dengan naskah, tapi emosi yang terjadi saat syuting adalah sesuatu yang sama sekali tak terduga. Dan tidak disengaja,” ujar Byung Hun. “Momen seperti ini jarang terjadi, namun terasa ‘euforia’.”

Foto : M Magazine

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply