[FEATURE] 9 Idola Penulis Lagu Hit Penyanyi K-pop Lain

Tidak hanya berbakat dalam bidang menyanyi dan menari, ada banyak idola Korea yang memiliki bakat dalam produksi lagu. Bahkan bukan saja menciptakan lagu untuk grupnya sendiri tapi mereka juga mampu membuat lagu hit untuk penyanyi lainnya.
Berikut adalah beberapa nama idola yang sukses menjadi pencipta lagu.

1. B.I. iKON

B.I. adalah salah satu produser idola yang paling berbakat di industri K-Pop. Dia tidak hanya menyusun semua lagu hit iKON seperti “Love Scenario,” tetapi juga menjadi co-composed dan co-written beberapa lagu-lagunya yang paling terkenal. Dia juga membantu dalam produksi lagu “Whistle” untuk Black Pink dan “Empty” dari WINNER, rekan sesama labelnya.

2. G-Dragon Big Bang

G-Dragon sudah menjadi nama tersohor di Korea Selatan bukan hanya sebagai rapper, leader grup, tapi juga produser yang paling berbakat. Asosiasi Hak Cipta Musik Korea memiliki lebih dari 170 lagu yang terdaftar di bawah namanya dimana 23 diantaranya mampu menduduki peringkat pertama Tangga Lagu Digital Gaon. Salah satu lagu yang dia tulis untuk artis lain adalah Taeyang teman satu grupnya, untuk lagu solonya “Ringa Linga.”

3. Hui Pentagon

Hui Pentagon telah menerima banyak pengakuan tidak hanya dari penggemar tetapi juga para profesional untuk kemampuan menciptakan lagu. Dia menghasilkan lagu populer, “Never” yang ditampilkan di ‘Produce 101 Season 2.’ Salah satu lagu populernya adalah single debut Wanna One, “Energetic!”.

4. Wheesung

Wheesung adalah produser luar biasa yang telah menggubah beberapa lagu hit untuk artis lain. Dia menghasilkan lagu untuk penyanyi populer seperti Gummy hingga grup top seperti SHINee. Salah satu lagu ciptaan terbarunya adalah lagu “Dance the Night Away” yang dinyanyikan oleh Twice.

5. Zico Block B

Zico telah menunjukkan kepada penggemar dan para profesional mengenai bakatnya untuk menulis lagu dengan berbagai cara, dari peran produsernya di ‘Show Me the Money’ hingga menciptakan lagu untuk artis K-Pop lainnya. Dia adalah dalang dibalik lagu “Fear” dari Mino dan lagu Kim Se Jeong, “Flower Way.”

6. Woozi Seventeen
Woozi memainkan peran penting sebagai produser utama album Seventeen. Di atas semua album yang dia buat untuk Seventeen, dia telah menulis lagu-lagu populer untuk artis lain. Salah satu ciptaannya yang paling terkenal adalah lagu terbaru I.O.I, “Downpour.”

7. Junhyung Highlight

Junhyung Highlight telah menghasilkan 139 lagu hasil karnyanya sendiri. Selain berperan penting sebagai produser untuk album Highlight, Junhyung juga telah menciptakan lagu untuk Kriesha Chu, Heize, EXID, A Pink, BTOB, dan Hyuna.

8. Bang Yong Guk

Bang Yong Guk adalah produser jenius lain yang telah menghasilkan hampir semua album B.A.P. Ketika dia memproduksi lagu untuk grup lain, dia menggunakan nama Andrew Baag. Dia telah menghasilkan 105 lagu, salah satunya adalah “Love Me Do” milik VIXX.

9. Jooheon MONSTA X

Bakat Jooheon melampaui kemampuan rapnya yang luar biasa. Dia telah menghasilkan lagu-lagu luar biasa untuk berbagai artis solo dan grup K-Pop. Beberapa karyanya yang paling terkenal adalah “Bad Blood” yang dinyanyikan Mad Bad, dan “I Yah” dari Boyfriend.

[see_also number=3]

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *