Salah satu kodrat bagi seorang wanita adalah mengalami menstruasi setiap bulan. Tidak akan menjadi masalah jika kamu telah mempersiapkan semuanya, namun bagaimana jika ‘bulan merah’ datang tanpa persiapan? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa kamu lakukan!

 

 Buat Pembalut Buatan

Tidak semua wanita sigap dan membawa alat tempur kapan dan dimanapun ia berada. Jika menstruasi datang dikala kamu tidak memiliki persiapan apapun, dan kamu tidak membawa pembalut, maka satu solusi yang kamu lakukan adalah membuat pembalut ‘darurat’. Jika kamu tipe wanita yang selalu membawa tisu lembut, maka akan lebih baik, namun jika tidak, kamu bisa menggunakan tisu yang sudah disediakan di toilet-toilet umum untuk membuat tumpukan yang agak tebal. Ini hanya untuk pertolongan sementara sampai kamu mendapatkan pembalut hasil dari pinjaman atau membelinya di toko terdekat.

Namun, apabila pembalut susah untuk kamu dapatkan, cobalah cari bagian dari tubuhmu yang bisa digunakan sebagai penolong, seperti kaos kaki, atau sapu tangan. Tumpuk kedua kaos kakimu (jika tipis) atau salah satunya (jika tebal), Kibas terlebih dahulu untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel, lalu bungkus dengan tisu bersih dengan rapi dan agak tebal sebelum digunakan. Dengan cara ini, kamu bisa bertahan untuk terus melakukan kegiatanmu seperti biasa, tapi ingat tetaplah jaga sikap dan jangan terlalu banyak bergerak yang tidak diperlukan.

Tetap Tenang dan Gaya

Untuk menghindari tragedi ‘tembus’ selama berjalan, ada baiknya tutupi bagian belakang bokongmu dengan menggunakan pakaian panjang atau gunakan jaket, sweater, atau kemeja sebagai pengikat pinggangmu dan bagian bawah tubuhmu. Jika kamu tidak memiliki semuanya, tutupilah dengan menggunakan tas yang talinya sudah dipanjangkan hingga dapat menutupi bagian belakangmu. Tetaplah tenang dan berjalan seperti biasanya, maka orang lain akan melihat penampilanmu sebagai salah satu gaya fashion.  Saat duduk, diam-diam coba letakkan kertas di atas kursimu sebagai pengalas.

Segera cobalah tanya kepada para wanita yang berada disekitarmu, apakah mereka membawa pembalut simpanan. Saat kamu sudah menemukan pembalut dari seorang ‘pahlawan’, maka segera ganti pembalut buatanmu tadi dengan pembalut asli. Jangan lupa untuk menyiapkan kertas bekas, dan plastik untuk menjadi pembukus tisu sebelum dibuang ke tempat sampah.

 

 Bikin Pengganjal Perut

Tantangan menstruasi lainnya adalah nyeri haid.  Gejala yang dirasakan oleh setiap wanita saat menstruasi pun berbeda-beda. Ada diantara mereka yang merasakan nyeri haid yang begitu dahsyat, hingga membuat badan mereka lemas, atau ada pula yang hanya merasakan sakit nyeri biasa atau tidak sama sekali. Jika ‘nyeri haid’ menyerang dan kamu tidak memiliki obat, maka cobalah membuat bagian bawah perutmu menjadi lebih hangat.

Kamu bisa memoleskannya dengan minyak kayu putih, lalu ganjal perutmu dengan sesuatu, misal bantal kecil, tas, atau benda lembut lainnya. Jika kamu memiliki botol minum kosong, mintalah air hangat di warung terdekat atau tempat yang menyediakan air hangat. Letakan air hangat itu di bagian bawah perutmu. Carilah posisi duduk yang membuatmu nyaman, tahan napasmu sesekali dan hembuskan.

 

Load More Related Articles
Load More By AM

Leave a Reply