[FOCUS] Ketahuan Tidak Bayar Pajak, Fan Bingbing Didenda 129 Juta USD

Empat bulan dramatis bagi Fan Bingbing, yang tersandung skandal penghindaran pajak (tax evasion). Setelah diam-diam menghilang di akhir Juli 2018, sejumlah spekulasi dan rumor berusaha menjelaskan dimana aktris 37 tahun ini berada dan apa alasan dibaliknya.

Beberapa laporan mengatakan bahwa Fan Bingbing ‘dipenjara’ dalam sebuah hotel dimana investigasi dijalankan. Rumor lainnya mengklaim ia dan tunangannya, Li Chen, mencari perlindungan di Amerika Serikat. Perlu diketahui, Fan Bingbing adalah aktris Tiongkok yang namanya dikenal di dunia, tentu saja skandal ini menarik perhatian orang banyak.

Setelah menghilang selama kurang lebih 100 hari, aktris Tiongkok Fan Bingbing memunculkan diri pada Rabu (3/10) lalu. Rumor tanpa dasar terbukti salah, akan tetapi laporan tax evasion yang dilakukannya terbukti benar. Dan Fan Bingbing mengakui kesalahannya. Dia menulis permintaan maaf panjang lebar di Weibo.

Tunangan Fan Bingbing, Li Chen (Jerry Li)

 

Sumber Dari Mana?

Bulan Juni lalu, mantan produser dan host televisi Tiongkok, Cui Yongyuang memberi informasi kepada pihak yang berwajib tentang kebiasaan Fan Bingbing menandatangani ‘kontrak Yin Yang’ demi menghindari pajak. Menurut laporan media, dia hanya melaporkan 10 juta Yuan dari 30 juta Yuan dari penghasilan yang didapat dari film “Air Strike”, film yang disutradarai oleh tunangannya, Li Chen (Jerry Li).

Dua puluh juta sisanya diikutkan dalam kontrak yang berbeda, sehingga pajaknya berkurang sekitar 7,3 juta Yuan. Dia juga menghindari pajak tambahan sekitar 248 juta Yuan. Angka yang tidak kecil.

Biro Perpajakan Jiangsu memberikan denda pada Fan Bingbing sebesar 883 juta Yuan (sekitar 129 juta dolar US) untuk keterlambatan pembayaran pajak dan pelanggaran lainnya.

Karena baru pertama kali, Fan Bingbing tidak akan berhadapan dengan tuntutan pidana apabila denda dibayar tepat waktu—meski belum tanggalnya belum diumumkan.

 

Mengapa Tidak Ada Yang Tahu?

Penulis blog populer di Weibo dikenal dengan nama Labi Xiaoqiu merilis sebuah postingan, berisi detil penangkapan Fan Bingbing tiga bulan yang lalu.

Menurutnya, Fan Bingbing ditangkap di Nanjing, Jiangsu. Pada waktu itu, dia berada di lantai 20 Dezi Plaza, sedang bertemu dengan peramal. Penangkapan itu dipimpin oleh biro keamanan umum kota Beijing dengan dukungan polisi Nanjing.

Setelah terciduk, Fan Bingbing meninggalkan plaza Dezi dengan menutup kepala dengan tas. Peramal dan pemilik Dezi Plaza juga dibawa ke kantor polisi untuk ditanyai. Semua CCTV dimatikan untuk sementara waktu, karena pihak berwajib tidak ingin masalah ini diketahui oleh publik.

Fan Bingbing dibawa langsung ke Beijing dengan mobil. Jika perlu buang air kecil, polisi akan membersihkan area sebelum mengizinkannya masuk.

 

Permintaan Maaf Fan Bingbing

Di hari kemunculannya setelah lama menghilang, Fan Bingbing mengaku sangat menyesal dan malu atas tindakan salahnya. Dia mengaku taktik ‘Yin Yang’ penghindaran pajak dan siap menghadapi hukuman yang ditentukan pihak berwajib.

Tanggal 3 Oktober, Fan Bingbing menulis surat berisi :

“Akhir-akhir ini, saya mengalami sakit dan penderitaan yang belum pernah saya alami. Saya telah introspeksi diri. Saya sangat menyesal dan merasa bersalah dengan apa yang saya lakukan. Saya meminta maaf kepada semuanya!”

“Untuk waktu yang lama, saya tidak membedakan antara bangsa, sosial, dan keinginan pribadi. Pada set film “Air Strike”, saya membagi kontrak untuk menghindari pajak—tindakan yang memalukan. Saya banyak bercermin ketika otoritas pajak menyelidiki saya dan perusahaan. Sebagai tokoh publik, seharusnya saya menaati hukum dan menjadi teladan bagi masyarakat dan rekan di industri. Saya tidak boleh kehilangan kendali di depan kepentingan keuangan, mengabaikan peraturan dan melanggar hukum. Lewat surat ini, saya meminta maaf dengan tulus kepada masyarakat, sahabat yang peduli denganku, publik, dan otoritas pajak Nasional.”

“Setelah investigasi selesai, saya akan menerima segala hukuman sesuai hukum. Saya akan berusaha menghadapi kesulitan dengan menggalang dana, membayar pajak dan denda berdasarkan keputusan akhir dari otoritas pajak.”

“Saya menyukai seni drama sejak usia dini. Digabungkan dengan perkembangan industri film & televisi, dukungan senior dan cinta penonton, usaha tekunku membuahkan sedikit hasil. Sebagai artis, saya bangga dapat menunjukkan penampilan dan kultur negaraku di panggung dunia. Bisa dibilang setiap pencapaianku tidak akan terjadi tanpa dukungan negara dan orang banyak. Tanpa kebijakan negara yang baik dan cinta orang banyak, tidak akan ada Fan Bingbing.”

“Hari ini, saya sangat tidak nyaman dengan kesalahan saya sendiri! Saya mengecewakan kepercayaan negara, masyarakat, dan cinta fans untukku! Saya meminta maaf dengan tulus kepada kalian! Tolong maafkan saya!”

“Saya percaya setelah semua ini selesai, saya akan memastikan mengikuti peraturan dan bertanggung jawab. Sembari menampilkan yang terbaik untuk semua orang, saya harus mengawasi manajemen perusahaan saya agar selalu taat hukum, jujur, dapat dipercaya dan berjuang menjadikannya perusahaan yang kaya akan kultur dan menyebarkan energi positif ke seluruh masyarakat!”

“Sekali lagi, saya minta maaf kepada masyarakat, fans yang selalu memberi dukungan, teman dan keluarga yang perhatian padaku!”

Meski memiliki utang dalam jumlah besar, Fan Bingbing seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengembalikan pajak yang belum dibayarnya tepat waktu. Tahun lalu saja, dia menduduki posisi pertama sebagai artis Tiongkok dengan penghasilan tertinggi (240 juta Yuan). Foto dirinya juga sering menghiasi daftar Artis Tiongkok paling Berpengaruh versi majalah Forbes selama 10 tahun terakhir. Fan Bingbing dikenal sebagai ikon dunia fashion dan artis pilihan favorit para pengiklan.

Lihat postingan ini di Instagram

 

So cute💕

Sebuah kiriman dibagikan oleh Fan Bingbing 范冰冰 (@bingbing_fan) pada

Jika dihitung dari seluruh investasi, termasuk dalam properti di luar negeri, kekayaan Fan Bingbing diperkirakan mencapai 7 miliar Yuan (15.400.373.345.975 Triliun Rupiah). Mengetahui angka ini, banyak orang merasa Fan Bingbing dapat membayar denda pajaknya dengan mudah. Benar bukan? Akan tetapi, ada masalah lain yang muncul, apakah itu?

Load More Related Articles
Load More By DS
Loading...

Leave a Reply