Ajang penghargaan terbesar untuk insan perfilman dan program televisi di Korea, 53rd Baeksang Arts Awards (2017) kembali digelar tahun ini. Tepatnya pada Rabu, tanggal 3 Mei di Seoul COEX Convention & Exhibition Center.

Acara yang dibawakan oleh Park Joon Hoon dan Suzy ini diramaikan oleh sejumlah aktor dan aktris papan atas di Korea Selatan.

Tahun ini nominasi penghargaan untuk kategori drama didominasi oleh drama ‘Goblin’ dan “Moonlight Drawn By Clouds”. Sedangkan untuk kategori film terdapat banyak film populer seperti “Train to Busan”, The Handmaiden”, “The Age of Shadows”, dan “The King”.

 

Terbaik Dua Tahun Berurutan

Salah satu drama Korea yang paling mencuri perhatian di akhir tahun 2016 dan awal tahun ini adalah “Guardian: The Lonely and Great God” atau ‘Goblin’. Jalan cerita yang menarik dan bermakna membuat sang penulis dianugerahi penghargaan tertinggi.

Kim Eun Sook (kanan)

Kim Eun Sook mendapatkan penghargaan Daesang atau Grand Prize pada malam penganugerahan 53rd Baeksang Arts Awards yang digelar tanggal 3 Mei. Kemenangannya itu disambut bahagia oleh pemain utama dan sutradara yang duduk berdampingan dengannya, termasuk Gong Yoo dan Kim Go Eun.

“Kim Eun Sook luar biasa. Aku pernah melihat sutradara menerima Daesang tapi tak pernah melihat penulis naskah mendapatkannya. Aku juga puas dengan semua nama pemenang hari ini,” tulis seorang netter.

Kakak dari penulis Kim Won Sook ini lantas naik ke panggung untuk memberikan sepatah dua patah kata, yang dibuka dengan ucapan terima kasih kepada para pemain dan staf drama ‘Goblin’. Penghargaan ini memang pantas diraih oleh wanita berusia 44 tahun tersebut.

Tahun lalu, Kim Eun Sook juga menerima penghargaan Penulis Naskah Terbaik untuk drama “Descendants of The Sun”.

 

Goblin Kalah dengan Drama ‘Veteran’

Seperti sudah diduga sebelumnya, Gong Yoo berhasil membawa pulang piala Aktor Terbaik melalui aktingnya di ‘Goblin’. Kepopuleran drama ini membuat aktor 37 tahun itu menjadi kandidat kuat. Sedangkan piala Aktris Terbaik dimenangkan oleh Seo Hyun Jin yang membintangi drama “Another Miss Oh”.

Saat pidato penghargaan, Gong Yoo tak dapat menahan rasa harunya, ia juga meminta maaf kepada ibunya, “Karena saya sibuk bolak balik antara rumah dan stasiun siaran, ibuku mengungkapkan kekecewaannya padaku. Ia merasa saya anak orang lain, bukan anaknya. Ini terjadi karena saya tidak merawatnya dengan baik akhir-akhir ini. Saya minta maaf bu, semoga Anda tetap sehat untuk waktu yang sangat, sangat lama.”

Kim Yoo Jung and Park Bogum at Baeksang Arts Awards 2017. BoYoo feels~ #김유정 #kimyoujung #sidushq #kimyoojung #baeksangartsawards #parkbogum

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kim You Jung ( 김유정 ) (@youjungkim99) pada

Sementara itu, Park Bo Gum dan Kim Yoo Jung masing-masing menjadi pemenang Male & Female Popularity Award lewat akting keduanya di “Moonlight Drawn by Clouds”. Untuk kategori film, “The Wailing” terpilih sebagai Film Terbaik. Penghargaan Grand Award diraih oleh Park Chan Wook lewat film “The Handmaiden”.

Kejutan lain yang tak diduga adalah ketika piala Best Drama Baeksang Arts Awards 2017 didapatkan oleh “Dear My Friends”. Secara mengejutkan, ‘Goblin’ yang diperkirakan akan menang kalah. Selain dua drama tersebut, “Moonlight”, “Romantic Doctor” dan “W” juga masuk dalam nominasi Drama Terbaik.

 

Sekilas tentang “Dear My Friends”

“Dear My Friends” bercerita tentang pertemanan sejumlah orang-orang tua yang sudah berada di akhir hidupnya. Mereka merayakan pertemanan mereka dan menghabiskan waktu bersama.

Drama yang ditulis oleh Noh Hee Kyung (It’s Okay, That’s Love, That Winter, The Wind Blows) ini memang hanya memiliki rata-rata penonton 5,06 persen setiap harinya. Berbeda dengan ‘Goblin’ yang berhasil menarik minat 12,924 persen pemirsa.

Namun, cerita yang unik dan konsep yang berbeda dinilai lebih baik dari drama lain yang masuk dalam nominasi. Sehingga, “Dear My Friends” pun sukses mengejutkan publik dengan kemenangannya di Baeksang Award. Selamat!

Berikut para pemenang 53rd Baeksang Arts Awards (2017)

Kategori Televisi

Daesang/Grand Award: Kim Eun Sook (Goblin)
Best TV Drama: Dear My Friends – tvN
Best Entertainment Program: My Ugly Duckling – SBS
Best Educational/Cultural Show: War of Words – JTBC
Best Director: Yoo In Sik (Romantic Doctor Kim)
Best Actor: Gong Yoo (Goblin)
Best Actress: Seo Hyun Jin (Another Oh Hae Young)
Best New Actor: Kim Min Suk (Doctors)
Best New Actress: Lee Se Young (Laurel Tree Tailors)
Best Screenplay: No Hee Kyung (Dear My Friends)
Best Variety Star (Male): Yang Se Hyung (Moby Dick Yang Se Hyung’s Short-erview)
Best Variety Star (Female): Park Na Rae (I Live Alone)
Male Popularity Award: Park Bo Gum (Moonlight Drawn by Clouds)
Female Popularity Award: Kim Yoo Jung (Moonlight Drawn by Clouds)
Best Style Award: Kim Ha Neul (On the Way to the Airport)
Lifetime Achievment Award: Kim Young Ae

Kategori Film

Daesang/Grand Award: Park Chan Wook (The Handmaiden)
Best Film: The Wailing
Best Director: Kim Ji Woon (The Age of Shadows)
Best New Director: Yeon Sang Ho (Train to Busan)
Best Actor: Song Kang Ho (The Age of Shadows)
Best Actress: Son Ye Jin (The Last Princess)
Best Supporting Actor: Kim Ui Sung (Train to Busan)
Best Supporting Actress: Kim So Jin (The King)
Best New Actor: Ryu Jun Yeol (The King)
Best New Actress: Lee Sang Hee (Our Love Story)
Best Screenplay: Yoon Ga Eun (The World of Us)
Male Popularity Award: Do Kyung Soo (My Annoying Brother)
Female Popularity Award: Yoona (Confidential Assignment)

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply