Kebanyakan diantara kita umumnya menggunakan aplikasi editing foto setelah mengambil selfie. Benar atau salah tidak masalah, hehe.

Namun bagaimana jadinya jika foto-foto idola kalian diedit tanpa ijin untuk membuat mereka terlihat putih bahkan terkadang pucat. Bukannya memperbagus, malah foto akan terlihat aneh.

baekhyun-editMasalah ini menarik perhatian para fotografer yang mengunggah foto mereka secara online. Setelah foto diunggah, tidak lama kemudian pasti muncul versi-versi editan dimana warna kulit asli sang idola telah berubah. Mereka (fotografer) pun mulai memberi keterangan pada foto, “Jangan dicerahkan”.

Sebenarnya, modifikasi kecil atau penghalusan wajah bukan hal yang baru, namun rasanya terlalu berlebihan jika sampai mengubah warna kulit. Pemutihan drastis warna kulit para idola ini disebut dengan ‘whitewashing’.

Tren ini muncul akibat standar kecantikan di Korea. Banyak orang Korea yang lebih suka kulit putih seperti susu daripada kulit berwarna gelap atau kecoklatan. Selain itu, mayoritas perusahaan make-up atau perawatan kulit disana hanya menjual produk untuk konsumen berkulit putih. Bahkan, beberapa produk diiklankan dengan jaminan dapat memutihkan kulit pemakainya.

‘Whitewashing’ telah menjadi standar yang tidak realistis di masyarakat Korea. Bahkan tidak sedikit dari para idola yang diminta untuk memutihkan kulitnya. Namun ada beberapa idola seperti N Vixx, Kai EXO, dan Hyorin SISTAR yang tetap percaya diri dengan kulit asli mereka yang kecoklatan.

Berikut beberapa foto para idola dengan kulit asli dan versi editan ‘whitewash’.

Rap Monster BTS
Rap Monster BTS

vixx-whitewash-1

vixx-whitewash-2
N VIXX
baekhyun-edit-whitewash
Baekhyun EXO

Banner Asian Grup 2

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply