Penyiar Korea SBS baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka tidak pernah menjual hak cipta dari variety show “Master in the House” kepada produksi Tiongkok.

Seperti dilaporkan Epoch Times, perusahaan itu merilis pernyataan, menyusul laporan acara serupa yang diluncurkan oleh TV Satelit Hunan, yang berjudul “My Brilliant Masters”.

Acara terakhir memicu tuduhan plagiarisme ketika pertama kali ditayangkan pada 30 Maret. Netizen mengklaim bahwa acara itu mirip dengan “All the Butler”—dimana anggota acara akan hidup tiga hari dua malam dengan seorang “master” untuk mempelajari cara hidup dan kerjanya.

Sama seperti acara aslinya di Korea, yang dibintangi oleh aktor Lee Seung Gi, Lee Sang Yoon, penyanyi Yoon Sung Jae dan komedian Yang Se Hyung, “My Brilliant Masters” juga menampilkan 4 anggota tetap: Penyanyi WINWIN, Liu Yuning, Wowkie Zhang, dan Ethan Yu.

SBS juga menyatakan bahwa mereka akan melakukan konfirmasi lebih lanjut tentang dengan pihak acara Tiongkok tersebut sebelum membahas tentang bagaimana menangani masalah ini.

Pada bulan Oktober tahun lalu, media Korea melaporkan bahwa ada sekitar 34 variety show yang telah dijiplak di Tiongkok; secara negara tersebut menempati peringkat pertama dalam hal pelanggaran hak kekayaan intelektual.

Beberapa variety show Korea yang dibuat ulang Hunan TV tanpa persetujuan, termasuk JTBC “Hyori’s Homestay” (“The Inn”), tvN “Youn’s Kitchen” (“Chinese Restaurant”), dan tvN “Three Meals a Day” (“Back to Field”).

Loading...

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply