Warga Tiongkok sangat suka memberi nama panggilan. Salah satunya yang terkenal adalah Four Dan Actress, hal ini telah berlangsung sejak tahun 2000-an.

Four Dan Actresses adalah 4 aktris muda dengan popularitas dan penghasilan tinggi di bioskop Tiongkok. Sebuah julukan yang dimulai oleh generasi Zhang Ziyi, Vicki Zhao, Zhou Xun, dan Xu Jinglei. Generasi yang baru biasanya muncul setiap 5 hingga 6 tahun sekali.

Pada Januari 2019 lalu, berbagai sumber media Tiongkok meluncurkan daftar aktris muda “pasca-tahun-95″—atau aktris yang lahir setelah tahun 1995—yang saat ini mendominasi pertelevisian dan bioskop Tiongkok. Salah satu media, Sohu telah menunjuk Nana Ouyang, Guan Xiaotong, Wendy Zhang, dan Vicky Chen sebagai generasi Four Dan Actress baru, sementara sumber lain mengganti Nana dengan Sophie Zhang.

Yang termuda dari keempat gadis adalah Vicky Chen. Tahun lalu, aktris 15 tahun ini dinominasikan di kategori Aktris Terbaik di Golden Horse Awards Taiwan. Dia juga aktris termuda yang memenangkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik untuk film “The Bold, the Corrupt, and the Beautiful” (2017).

Guan Xiaotong paling memiliki ‘nama’ diantara yang lain. Ia telah berkecimpung di industri hiburan sejak berusia lima tahun. Meskipun hubungannya dengan penyanyi pop Luhan lebih sering dibahas daripada pekerjaannya, karier aktris 21 tahun ini terus menanjak dengan konsisten.

Juga memulai debutnya sebagai aktris cilik, Wendy Zhang tidak sepopuler Xiaotong. Tetapi ia memiliki rekam jejak yang solid dengan penghargaan. Pada acara Hundred Flowers Award ke-31, ketika dia baru berusia 10 tahun, Wendy memenangkan piala Pendatang Baru Terbaik untuk film “Aftershock” (2010). Pada Penghargaan Golden Horse ke-55, dia dinominasikan di kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk film “Last Letter”. Saat itu Wendy berusia 17 tahun.

Terakhir, Nana Ouyang. Keponakan penyanyi populer Taiwan Feifei Ou-yang ini mungkin tidak dikenal karena aktingnya. Latar belakang musik klasik dan karier paruh waktu sebagai vlogger menempatkan Nana sebagai salah satu dari Four Dan Actress. Nana pandai memainkan berbagai alat musik, misalnya gitar, piano dan cello. Saat ini dia sedang belajar di Berklee College of Music.

Generasi Four Dan Actress tahun 2019 memiliki gaya unik mereka tersendiri, banyak orang juga teringat dengan generasi sebelumnya—aktris pasca 70-90-an—yang pernah memegang gelar tersebut.

2002 : Vicki Zhao, Xu Jinglei, Zhang Ziyi, Zhou Xun
2009 : Eva Huang, Crystal Liu, Yang Mi, Wang Luodan
2013 : Yang Mi, Cecilia Liu, Angelababy, Ni Ni
2016 : Zheng Shuang, Zhou Dongyu, Guan Xiaotong, Yang Zi
2019 : Vicky Chen, Nana Ouyang, Wendy Zhang, Guan Xiaotong
Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply