Belum seminggu setelah perilisan album terbaru Wilber Pan, “illi’, penyanyi Mandopop asal Taiwan tersebut dihujani kritikan plagiat.

Yong Jun Hyung (Highlight)

Wilber merilis album “illi” pada tanggal 11 Agustus setelah hiatus karena cedera kepala yang dialaminya di tahun 2015. Netizen mengklaim salah satu lagunya, ‘Insomnia’ meniru lagu idol Korea, Yong Jun Hyung. Bagian chorus-nya terdengar sama dengan lagu yang dikomposisi Jun Hyung untuk member Highlight (sebelumnya dikenal dengan nama B2ST) untuk reality show “Showtime” di tahun 2014.

Klaim netizen diperkuat dengan fakta bahwa komposer lagu Wilber, Fang Zheng Gang, yang memiliki sejarah penjiplakan di masa lalu.

Lagu ‘Insomnia’ dikomposisi oleh Wilber dan Zheng Gang, yang juga follower dari akun Instagram para member Highlight. Zheng Gang beberapa kali diduga menjiplak lagu-lagu grup idola Korea yang lain. Meski hanya satu baris saja yang sama persis dengan lagu Jun Hyung, fans dari kedua belah pihak kesal dan meminta jawaban.

Agensi Highlight, Around Us Entertainment, telah mengetahui masalah ini. Mereka mengajukan dua solusi, yang pertama, lagu ‘Insomnia’ harus dihapus atau Wilber harus membayar royalty dan biaya hak cipta. Around Us Entertainment menyebutkan jika lagu tersebut merupakan properti dari mantan agensi Highlight, Cube Entertainment.

Tanggal 14 Agustus, Wilber menulis pesan di Weibo. Ia meminta maaf dan mengaku terkejut dengan situasi ini. Zheng Gang, pernah menyebutkan jika dirinya adalah fans Highlight, dan mungkin tidak sengaja menggunakan salah satu baris dalam lagu mereka saat menyusun lagu. Ia meminta maaf kepada publik dan Wilber, dan merasa bersalah atas seluruh hal yang terjadi. Zheng Gang setuju bertanggung jawab.

Agensi Wilber, Warner Music Taiwan, juga mengirim permintaan maaf di hari yang sama (Senin), dan akan menghapus lagu ‘Insomnia’ dari album “illi”.

Menanggapi ucapan maaf, perwakilan dari Around Us Entertainment menyatakan, “Terima kasih telah mengakui (plagiat) dan meminta maaf. Setelah memilih-milah masalah pelanggaran hak cipta, kami akan mengambil tindakan untuk memastikan hak Yong Jun Hyung tidak lagi dilanggar di masa depan.”

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply