Psikiater Yang Diagnosis Yoo Ah In Dengan Hypomania Akan Kehilangan Ijin Medis

Psikiater Kim Hyun Chul, yang sebelumnya mendapat kecaman karena mendiagnosa aktor Yoo Ah In dengan hypomania hanya berdasarkan aktivitas SNS aktor tersebut, akan dikeluarkan dari Asosiasi NeuroPsychiatric Korea (KNPA).
Setelah Yoo Ah In mengungkapkan kekesalannya dengan dokter tersebut, sang dokter telah justru mengatakan, “Tapi aku menjadi tidak berlisensi sehingga aku bisa ‘bertahan’. Bagiku, ini adalah tugas.” Dia akhirnya menghapus dan meminta maaf atas tindakannya.
[see_also number=3]
Namun, KNPA mengatakan, “Pada bulan Desember tahun lalu di konferensi medis, kami telah mengkonfirmasi hukuman untuk Kim, dan telah menyelidiki melalui komite etika sejak bulan Januari. Kami akan mengetahui hasilnya minggu depan di sidang ke-2, tapi sepertinya dia akan mendapatkan hukuman tertinggi, yaitu pengusiran dari KNPA.”
Ketua KNPA mengatakan, “Ini adalah pertama kalinya dalam asosiasi medis bahwa seorang dokter alih-alih mendapat peringatan atau keanggotaannya ditahan tapi justru akan dikeluarkan. Kami sangat serius mengurus masalah ini.”
Kim Hyun Chul dituduh melanggar Pasal 19 undang-undang medis, yang melarang seseorang dalam kedokteran menyebarkan informasi medis pasien kepada orang lain, dan juga menggunakan informasi tersebut karena alasan yang salah.
KNPA juga akan mengajukan permintaan ke Kementerian Kesehatan untuk membatalkan atau menghentikan ijin medisnya. Ketua KNPA mengatakan, “Setelah komite etika menyelidiki, mereka menemukan bahwa Kim melakukan berbagai tindakan ilegal, seperti memberi obat kepada pasien tanpa resep dokter, dan mendapatkan biaya perawatan setelah konsultasi melalui telepon.”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *