Jika laporan yang beredar benar adanya, ada 17 bintang Tiongkok yang sekarang berada di bawah penyelidikan atas upaya penghindaran pajak (tax evasion)—menghindari pajak secara ilegal dengan tidak melaporkan/melaporkan penghasilan tetapi bukan nilai penghasilan yang sebenarnya.

Gaungnya terasa di seluruh industri hiburan di Tiongkok pada bulan Oktober, ketika Fan Bingbing mengaku melakukan tax evasion. Aktris dengan pendapatan tertinggi di Tiongkok itu harus membayar nilai yang cukup besar, yakni 883 juta Yuan, kepada badan perpajakan.

Sebuah dokumen yang beredar di WeChat menyebutkan nama 17 artis yang diduga melakukan upaya penghindaran pajak. HK01 melaporkan, di samping artis, perusahaan produksi juga terkena dampak. Jika sebelumnya perusahaan dengan penghasilan 5 juta Yuan saja yang diselidiki, kini nilai batasnya telah diturunkan hingga 200 ribu Yuan.

Secara total sebanyak 551 aktor papan atas maupun pendatang baru, sutradara, produser, penulis naskah, dan lain-lain telah ditarget, menurut Sina.

Sejauh ini, siapakah nama yang disebutkan oleh media dan sumber orang dalam?

Sun Li berada di bawah penyelidikan bersama suaminya, aktor Deng Chao. Mereka belum membayar pajak sebesar 250 juta Yuan (laporan HK01.com).
Huang Xiaoming wajib membayar sebesar 600 juta Yuan (laporan New Tang Dynasty Television). Istrinya, Angelababy, berada di bawah penyelidikan.
Aktor-Sutradara Tiongkok, Wu Jing berhutang 200 juta Yuan (laporan CB.com.cn).
Vicki Zhao (Foto : 1905.com)
Zhang Ziyi dan suaminya, penyanyi rock Wang Feng
Nicky Wu
Zhou Xun (Foto : TTBZ8.com)
Luhan
Kris Wu
Feng Xiaogang
Dilraba Dilmurat
Xu Zheng, pemenang penghargaan Aktor Terbaik Golden Horse Awards 2018

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply