Sutradara Taiwan terkenal, Doze Niu, didakwa melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita, anggota kru film terbarunya “Pao Ma”. Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan dakwaan itu, Kantor Kejaksaan Distrik Taipei menuduh Doze berusaha menghindari tanggung jawab “dengan meremehkan tindakannya dan menyindir bahwa kru wanita itu juga bersalah”. Dia menghadapi 10 tahun penjara jika terbukti melakukan tindakan tersebut.

Kejadian pelecehan itu diduga terjadi pada tanggal 24 November setelah pertemuan di rumahnya di Taipei ketika tamu-tamu lain telah pergi. Seorang teman kemudian menemani wanita itu ke rumah sakit dan mengajukan laporan polisi. Doze membantah dan belum berkomentar sejak tuduhan diajukan.

Namun di bulan Desember 2018, dia berbicara kepada wartawan setelah diperiksa polisi. “Saya memiliki keyakinan dan harapan bahwa akan ada pengadilan yang adil,” katanya. “Tetapi sekarang saya sudah dijatuhi hukuman mati.” Sebelum membungkuk di depan kamera, dia menambahkan: “Doze Niu sudah mati.”

Ternyata ini bukan pertama kalinya, media Taiwan dan Asia lainnya telah merilis berita akun tentang perilaku Doze terhadap wanita lain. Mereka mengatakan bahwa Doze telah menyalahgunakan posisinya sebagai sutradara untuk menekan aktris, misalnya Janine Chang dan Shu Qi, ke adegan tanpa busana yang tidak diperlukan. Ke Huanru, lewat Facebook, menceritakan tuduhan pelecehan yang tidak pantas pada adegan di kamar tidur di tahun 2007 dalam film “What on Earth Have I Done Wrong”, dimana Doze adalah sutradara dan aktor utama film tersebut.

Doze, aktor cilik yang kini jadi sutradara, sukses besar lewat drama gangster “Monga” di tahun 2010. Film ini mendapatkan banyak penghargaan di ajang Golden Horse Awards, Asian Film Awards dan Festival Film Asia-Pasifik.

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply