Tanpa Zhang Yimou merekomendasikan Zhang Ziyi kepada Ang Lee, dia mungkin tidak akan memainkan peran utama wanita dalam film wuxia ikonik Tiongkok, Crouching Tiger, Hidden Dragon pada tahun 2000.

Untuk itu, aktris berusia 40 tahun ini selamanya berterima kasih atas bantuan tersebut. Dia mengungkapkan hal ini di masterclass yang diadakan di Festival Film Cannes di mana film itu diputar ulang pada 22 Mei.

“Ang Lee (sutradara Crouching Tiger, Hidden Dragon) tidak harus memilihku. Dia awalnya meletakkan foto audisi saya di sisi samping, sebelum Zhang Yimou menelponnya. Panggilan telepon itu sangat berharga,” kata Ziyi.

Di masterclass, Ang Lee merekam video untuk memberi selamat kepada Ziyi pada peringatan 20 tahun karir aktingnya. “Sulit membuat film ini di Tiongkok pada saat itu, tetapi Anda memiliki bakat yang alami,” katanya.

Zhang Ziyi di film “Crouching Tiger, Hidden Dragon”

Ziyi ingat bahwa dia baru berusia 19 tahun ketika dia berperan dalam film yang membutuhkan waktu enam bulan untuk syuting, “Saya ingat saya bergantung pada kawat hampir sebagian besar waktu ketika saya berada di set. Itu sangat melelahkan dan saya berada di bawah tekanan yang besar.”

Ziyi, lulusan Central Academy of Drama, mendapatkan peran utama pertamanya dalam film roman garapan Yimou, The Road Home (2000). Ia kemudian membintangi film seperti Rush Hour 2 (2001), Hero (2002), dan House of Flying Daggers di tahun 2004. Kemampuan aktingnya diakui dalam film seperti Memoirs of a Geisha (2005) dan The Grandmaster (2013) dimana ia menerima beberapa nominasi dan memenangkan penghargaan Aktris Terbaik.

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply