Versi resmi dalam bahasa Inggris dari otobiografi Jackie Chan “Growing Old Before Growing” (2015), judul bahasa Inggris nya “Never Grow Up”, akhirnya dirilis dan dilaporkan terjual bak kacang goreng.

Baru-baru ini, aktor pemenang Oscar itu terbang ke New York untuk acara temu-dan-sapa di toko buku Barnes & Noble untuk promosi. Meski bersalju dan cuaca sangat dingin, ratusan penggemar rela datang ke toko untuk melihat Jackie ataupun meminta tanda tangan.

“Never Grow Up”, yang dirlis bulan lalu, adalah memoar Jackie yang dibilang ‘sangat jujur’. Buku ini menceritakan kisah hidup Jackie dari kecil hingga besar di Hollywood, termasuk kemenangannya di ajang penghargaan Oscar di tahun 2016.

Jackie Chan Oscar 2016

Buku ini menimbulkan beberapa kontroversi, karena media Barat memilih untuk lebih fokus pada kehidupan pribadi Jackie yang tidak baik daripada prestasi hidupnya. Ia banyak berbicara tentang sisi gelap kehidupan pribadinya, seperti kecanduan berjudi, keterlibatan dengan pelacur, mengemudi dalam keadaan mabuk, dan pengeluaran yang tidak dikontrol. Kutipan Jackie bahwa dirinya dulu ‘brengsek’ dan ‘jahat’ ditekankan dalam banyak materi promosi “Never Grow Up”.

Banyaknya kritikan tidak membuat dirinya ragu untuk berkata jujur dan transparan tentang keputusan-keputusan salah yang ia buat dalam hidupnya. Jackie ingin agar kesalahan tersebut tidak diulangi oleh orang lain. Ucapnya, “Jika takut akan akibatnya, saya tidak mungkin membicarakannya. Saya tidak punya penyesalan. Hari ini, tujuan saya adalah mengajar hal positif kepada orang lain sehingga mereka tidak melakukan kesalahan sama yang telah saya lakukan. Saya tidak akan membaca komentar negatif. Saya tidur sangat nyenyak setiap malam.”

Menariknya, Jackie memang berkata terlalu jujur tentang kehidupan pribadinya—seperti keabsenan dirinya sebagai ayah bagi putranya, Jaycee Chan dan hubungannya dengan almarhum Teresa Teng—namun ia tidak menyebut nama putrinya, Etta Ng, hasil hubungan gelap dengan mantan kekasihnya, Elaine Ng.

Load More Related Articles
Load More By DS

Leave a Reply