[TEKNO] Tips Cegah Facebook Gunakan Informasi Akun WhatsApp

Seperti diketahui, update terbaru yang diberikan WhatsApp ternyata membawa kebijakan berbeda yang belum pernah mereka terapkan sebelumnya sejak diakuisisi Facebook. Pada intinya, nomor kontak yang terdaftar di akun WhatsApp Anda bisa diketahui / diakses oleh Facebook. Lalu apa tujuan dari kebijakan ini? Menurut informasi yang didapat dari halaman FAQ (Frequently Asked Questions) milik WhatsApp, sharing nomor WhatsApp ke Facebook ini dapat membantu mereka melawan spam dengan lebih efisien. Facebook menjelaskan dengan nomor WhatsApp pengguna, mereka akan lebih mudah menampilkan iklan sesuai dengan produk yang familiar atau sesuai dengan keinginan. Tak hanya itu, dengan fitur tersebut Facebook dapat meningkatkan product experience dengan lebih baik. Sayang, tidak dijelaskan bagaimana mungkin hanya dengan bermodal nomor telepon hal tersebut bisa dilakukan. Beruntung, Facebook tidak akan bisa melihat pesan apapun yang pengguna kirim atau terima selama menggunakan WhatsApp berkat adanya fitur end-to-end encryption. Informasi terkait nomor kontakpun tidak akan dipublikasikan di Facebook. Nah, untuk memastikan informasi pada akun WhatsApp tidak bisa diakses atau digunakan oleh Facebook, berikut tips yang bisa dilakukan.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Untuk Android, tekan tanda ‘tiga titik vertikal’ di pojok kanan atas, lalu pilih Settings. Bagi pengguna iOS, pilih tab Settings di pojok kanan bawah.
  3. Pilih Account
  4. Hilangkan tanda checklist di ‘Share My Account Info’.
  5. Akan ditanya apakah yakin ingin menghentikan fitur sharing informasi akun WhatsApp ke Facebook atau tidak. Jika ya, pilih Don’t Share.

Cukup mudah bukan? Sekarang pengguna tak perlu khawatir lagi nomor kontak tersebar kemana-mana. Selamat mencoba. (DD)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *